Pages

Subscribe:

About

Text Widget

Text Widget

Monday, February 29, 2016

Filsafat ~ Kebudayaan Dalam Olahraga Pencaksilat



Asalamu’alaikum warahmatulahi wabarakatuh
Syukur Alhamdulillah saya panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena atas berkat dan Rahmat-Nyalah dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu.
Adapun makalah ini dibuat sebagai tugas, dan penuntun untuk belajar atau mengetahui sedikit tentang “Kebudayaan Dalam Dimensi Olahraga Pencak Silat“.
Dalam pembuatan makalah ini, penulis menyadarai akan adanya kesalahan maupun kekurangan yang didalamnya. Maka dari itu penulis mengharapkan kritik maupun saran dari bapak dosen penanggung jawab mata kuliah atau teman-teman demi kesempurnaan makalah ini.

Oleh karena itu pada kesempatan yang penuh hikmah ini, perkenankan saya mengucapkan terima kasih kepada bapak dosen penanggung jawab mata kuliah serta teman-teman seperjuangan kelas lima C ( VC ) ANGKATAN 2013.
Demikianlah makalah yang saya buat, semoga bermanfaat baik bagi saya maupun pembaca. Dan tak lupa kami ucapkan banyak terima kasih atas kritik maupun saran.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan saya menyampaikan isi makalah saya, dengan judul

“Kebudayaan Dalam Dimensi Olahraga Pencak Silat“


Indonesia terkenal dengan keragaman budayanya. Manusia dan kebudayaan adalah satu hal yang tidak bisa dipisahkan karena dimana manusia itu hidup dan menetap pasti manusia akan hidup sesuai dengan kebudayaannya yang ada di daerah yang di tinggalinya. Manusia merupakan makhluk sosial yang berinteraksi satu sama lain dan melakukan suatu kebiasaan-kebiasaan yang terus mereka kembangkan dan kebiasaan-kebiasaan tersebut akan menjadi kebudayaan.

Muhammad Adib (2010 : 253) mengatakan kebudayaan adalah dasar dari teknologi. Kebudayaan menentukan jenis teknologi yang berkembang di suatu daerah. Semakin maju kebudayaannya, semakin berkembang teknologinya. Teknologinya sendiri merupakan perkembangaan dari kebudayaan yang maju dengan pesat. Hal inilah yang menjadi kunci hubungan antara teknologi dan kebudayaan.
Faud ihsan (2010 : 248) mengatakan Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia istilah kebudayaan di artikan sebagai : a) hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia seperti kepercayaan, keseniaan, dan adat istiadat, dan b) keseluruhan pengetahuaan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakan untuk memahami lingkungan serta pengalamannya dan yang menjadi pedoman tingkah lakunya. Sementara itu kebudayaan nasional di artikan sebagai kebudayaan yang dianut oleh semua warga dalam satu negara.
Zaprulkhan (2013 : 359) mengatakan Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kebudayaan berasal dari istilah budaya yang berarti pikiran: akal budi, atau adat istiadat: serta mengenai kebudayaan yang sudah berkembang ( beradap, maju). Sedangkan kebudayaan merupakan hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi ) manusia, seperti kepercayaan, kesenian, dan adat istiadat.

Dari bermacam-macam pendapat diatas memberikan gambaran tentang bagaimana ragamnya pengertian atau definisi mengenai kebudayaan itu dan dapat diartikan bahwa kebudayaan adalah salah satu faktor kebiasaan-kebiasaan seperti kepercayaan, keseniaan, dan adat istiadat yang terus mereka kembangaan dan kebiasaan-kebiasan tersebut akan menjadi kebudayaan yang dianut oleh semua warga yang ada dalam suatu wilayah atau negara tersebut.
Dari pengertian atau beberapa pendapat diatas banyak membahas dan memberikan pemahaman tentang kebudayaan selain itu juga bahwasannya kebudayaan mempunyai peran dalam olahraga pencak silat.
           
Mikada Rahmani (2014 : 16) pencak silat merupakan cabang olahraga yang menggabungkan ilmu bela diri dan seni, serta membutuhkan konsenterasi yang tinggi. Olahraga ini juga merupakan warisan budaya bangsa yang kini sudah berkrmbang hingga ke kacah manca negara. Pencak silat ini lahir sebagai cara melindungi diri dari ancaman hal apapun yang berbahaya, terutama pada masa nenek moyang yang sebagian besar hidup dialam bebas.
Budi Sutrisno dan Muhammad Bazin Khafadi (2010 : 39) pencak silat adalah seni bela diri asli indonesia yang telah berumur berabad abad. Pencak silat diwariskan secara turun temurun dari saty generasi ke generasi berikutnya. Zaman dahulu ketika manusia masih hidup dengan cara berburu, mereka hidup berkrlompok dan dan saling bermusuhan. Untuk mempertahankan hidupnya, mereka belajar membela dirinya dengan cara menirukan gerakan-gerakan binatang buruan mereka. Dengan berkembangnya peradapan manusia, maka seni bela diripun ikut berkembang kearah yang lebih sempurna hingga akhirnya bela diri tersebut kemudian dinamakan pencak silat.
Muhajir dan Budi Sutrisno (2013 : 122) pencak silat merupakan salah satu olahraga bela diri yang terdapat di indonesia. Olahraga bela diri pencak silat adalah warisan nenek moyang bangsa indonesia. Karena pencak silat lahir dari kebudayaan bangsa indonesia, maka perkembangaannya di pengaruhi oleh watak, seleradan bakat masyarakat yang ada di daerahnya masing-masing.

Dari beberapa pendapat diatas menegaskan bahwa olahraga pencak silat adalah suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari indonesia dan warisan nenek moyang bangsa indonesia serta diwariskan secara turun temurun dari satu generasi kegenerasi berikutnya.

Kajian dan pembahasan diatas mengenai kebudayaan dan olahraga pencak silat bahwasannya dapat ditarik kesimpulan ternyata antara kebudayaan dengan olahraga pencak silat saling berkaitan dan berhubungan. Karena di jelaskan kebudayaan adalah salah satu faktor kebiasaan-kebiasaan seperti kepercayaan, keseniaan, dan adat istiadat yang terus mereka kembangaan dan kebiasaan-kebiasan tersebut akan menjadi kebudayaan yang dianut oleh semua warga yang ada dalam suatu wilayah atau negara tersebut. Sedangkan pencak silat adalah suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari indonesia dan warisan nenek moyang bangsa indonesia serta diwariskan secara turun temurun dari satu generasi kegenerasi berikutnya.
Oleh karena itu kebudayaan mempunyai peran penting dalam olahraga pencak silat karena dengan adanya budaya-budaya yang di lakukan nenek moyang kita dan diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya. Seperti seni bela diri pad zaman dahulu di gunakan untuk berburu binatang dan menjaga dirinya dari serangan atau ancaman lawan hanya saja sekarang sudah lebih berkembang maka di beri nama olahraga pencak silat bahkan olahraga ini sudah di pertandingkan dan di populerkan.    

        
Data Diri Penyusun
Nama              : Ahmad Rofik
Judul              : Kebudayaan Dalam Dimensi Olahraga Pencak Silat
Tahun             : 2015
Facebook        : Ahmad Rofik
BB                   : 52869CD5
Artikel Terkait

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Post a Comment

Blogging, Tips, Trik, Free Software